JENIS MESIN BUBUT

MESIN XTRA update artikel tentang Jenis Mesin Bubut

Untuk pertumbuhan industri pada saat ini, Mesin Bubut mempunyai andil yang sangat besar. dengan adanya mesin ini sangat memudahkan kalangan industri dan pengrajin untuk memaksimalkan hasil produksi mereka. sehingga target produksi dan hasil yang di peroleh bisa memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat. selain mudah untuk mendapatkan-nya harga mesin bubut juga relatif terjangkau untuk para para pengrajin sesuai jenis dan hasil produksi yang di dapatkan.

Di bawah ini saya menjelaskan tentang jenis mesin bubut berdasarkan ukurannya secara garis besar bisa di bedakan menjadi 4 yaitu:

  • Mesin Bubut Ringan. Mesin bubut ringan bisa diletakkan di atas meja, dan mudah untuk dipindahkan sesuai dengan kebutuhan kita, Benda kerjanya berdimensi kecil (mini). Jenis ini umumnya dipergunakan untuk membubut dari bahan dengan ukuran kecil dan biasanya dipergunakan untuk pengrajin kecil atau yang di sebut industri rumah tangga. Panjang mesin bubut jenis ini umumnya tidak lebih dari 1200 mm, dan karena bebannya yang relatif ringan, sehingga dapat diangkat oleh satu orang.
  • Mesin Bubut Sedang (Medium Lathe). Jenis mesin bubut ini  bisa membubut bahan dengan diameter benda kerja mencapai dengan 200 mm dan panjang mencapai dengan 100 mm cocok untuk industri kecil maupun bengkel-bengkel perawatan dan pembuatan komponen. Umumnya mesin bubut sedang ini digunakan pada dunia pendidikan atau pusat pelatihan, karena harganya terjangkau dan sangat mudah untuk dioperasikan.
  • Mesin Bubut Standar (Standart Lathe) Jenis mesin bubut ini disebut sebagai mesin bubut standar karena di samping memiliki komponen seperti pada mesin ringan dan sedang juga sudah mempunyai berbagai kelengkapan tambahan yaitu keran pendingin, lampu kerja, bak penampung beram dan sebuah rem untuk menghentikan mesin dalam keadaan darurat atau mendadak.
  • Mesin Bubut Meja Panjang (Long Bed Lathe). Mesin bubut meja panjang adalah  mesin bubut industri yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan bahan yang relatif panjang dan besar, bahan roda gigi dan lain sebagainya.
Secara garis besar alat mesin bubut bisa di bedakan menurut ukurannya, yaitu:

  • Mesin bubut centre lathe. Mesin bubut jenis ini dirancang untuk berbagai macam bentuk dan yang paling umum untuk digunakan, cara kerjanya yaitu, benda kerja dipegang pada poros spindle dengan bantuan chuck yang memiliki rahang pada salah satu ujungnya, yaitu pada pusat sumbu putar-nya, sementara ujung lainnya dapat di tumpukan dengan center yang lain.
  • Mesin Bubut Sabuk. Poros spindel akan memutar benda kerja melalui piringan sebagai pembawa sehingga memutar roda gigi yang digerakkan dengan sabuk atau pulli pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut langsung diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat. sehingga mengakibatkan pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.
  • Mesin bubut vertical turning and boring milling. Mesin jenis ini bekerja secara otomatis, pada pembuatan benda kerja yang di bubut dari tangan, pekerjaan yang tidak dilakukan secara otomatis hanyalah ketika melakukan pemasangan batang-batang yang baru dan menyalurkan produk-produk yang telah dikerjakan, oleh sebab itu satu pekerja dapat melakukan pengawasan pada beberapa buah mesin otomatis dengan mudah.
  • Mesin bubut facing lathe. Sebuah mesin bubut yang digunakan untuk membubut benda kerja berbentuk sejenis piringan yang besar. Alat-alat kerjanya di kaitkan dengan cakar-cakar yang dapat di setel pada sebuah pelat penyeting yang besar, tidak terdapat kepala lepas.
  • Mesin Bubut Turret. jenis mesin bubut turret ini mempunyai ciri khusus terutama untuk menyesuaikan terhadap produksi. Ketrampilan pekerja seorang pekerja sangat di butuhkan untuk menjalankan mesin ini sehingga memungkinkan bagi operator yang tidak berpengalaman untuk memproduksi kembali suku cadang yang identik. Kebalikannya, pembubut mesin memerlukan operator yang sangat pintar dan terampil sehingga bisa mengambil waktu yang lebih lama untuk memproduksi kembali beberapa suku cadang yang di sebuah mesin yang sama.

Terima kasih telah membaca artikel saya yang berjudul Jenis Mesin Bubut dan silahkan membaca juga artikel sebelumnya yang berjudul HARGA MESIN STONE CRUSHER TERBARU di blog MESIN XTRA ini yang selalu menyajikan artikel tentang seputar mesin terbaru dan mencakup penjelasan mesin tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS MESIN BUBUT"

Poskan Komentar